Hanya Dengan Membuka Sebuah Pesan Singkat (MMS), Aplikasi Pesan Instan iMessage di iPhone dan iPad Bisa Crash Selamanya - Setelah sebelumnya pengguna perangkat iOS (iPhone dan iPad) dihebohkan dengan video singkat berdurasi tak lebih dari tiga menit yang mampu membuat smartphone iPhone maupun iPad crash, maka baru-baru ini pengguna perangkat iOS kembali dikejutkan dengan kabar kurang mengenakkan.
Hati-hati! Hanya Buka Satu Pesan, Aplikasi iMessage di iPhone dan iPad Bisa "Crash" Selamanya
Hanya Buka Satu Pesan, Aplikasi iMessage di iPhone dan iPad Bisa "Crash"
Berdasarkan informasi yang dikutip dari Phone Arena, diketahui bahwa dengan memanfaatkan bug di aplikasi iMessage (aplikasi pesan instan iPhone dan iPad) dan sebuah pesan singkat (MMS) yang telah dimodifikasi, seorang peretas whitehat berjuluk vincedes3 berhasil membuat aplikasi pesan instan tersebut mengalami malfungsi alias crash. Seramnya lagi, tak hanya berdampak pada sistem operasi iOS lawas, masalah crash dengan pesan instan yang baru ditemukan ini juga mampu berjalan pada iOS versi terbaru seperti iOS 9 dan iOS 10.2.1 (termasuk versi beta).

Adapun pesan singkat modifikasi yang digunakan oleh vincedes3, sebenarnya adalah sebuah pesan dalam bentuk vCard, yaitu sebuah kartu bisnis virtual yang biasanya digunakan untuk berbagi kontak di ponsel atau pun smartphone. Bedanya, pesan vCard hasil modifikasi vincedes3 besaran jumlah data yang "super" besar, yaitu sekitar 14.281 baris kode, sementara pada pesan vCard normal hanya terdiri dari 200 hingga 300 baris kode. Nah, dampak yang ditimbulkan oleh pesan singkat dalam bentuk vCard "super" besar tersebut akan mengakibatkan crash pada aplikasi iMessage.


Lebih jauh dijelaskan oleh vincedes3, melalui video yang diunggahnya di YouTube, aplikasi pesan instan di iPhone dan iPad yang mengalami crash akibat pesan singkat tersebut, tak bisa diatasi dengan hanya melakukan restart aplikasi atau pun dengan restart perangkat, atau dengan kata lain aplikasi iMessage lumpuh selamanya. Hanya saja, dari penjelasan vincedes3 di halaman situsnya (vincedes3.com), disebutkan bahwa bahwa pemilik perangkat iPhone dan iPad bisa mengatasi masalah tersebut dengan mengakses salah satu tautan yang disediakan di situs miliknya.


Sumber Video: YouTube

Nah, untuk menghindari crash akibat pesan singkat berbahaya tersebut, disarankan kepada Anda pemilik perangkat besutan Apple, seperti iPhone dan iPad untuk mengabaikan atau menghapus pesan singkat yang dianggap mencurigakan. Demikianlah informasi dari Net-Guard kali ini, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top