-->

Masuk Layanan Web Google Pakai Sidik Jari (Fingerprint) Di Android? Begini Caranya

Cara Masuk Layanan Web Google Pakai Sidik Jari (Fingerprint) Di Android - Umumnya saat mengakses layanan web produk Google dari perangkat Android, seperti Google Adsense, Google Blogspot dan yang lainnya, Anda akan diminta untuk melakukan proses login terlebih dahulu dengan memasukkan alamat email dan password. Tak jarang, sekalipun telah melakukan proses login, kita tetap diminta melakukan ulang proses tersebut, ketika akan mengaksesnya kembali. Tentu sangat merepotkan bukan?
Masuk Layanan Web Google Pakai Sidik Jari (Fingerprint) Di Android? Begini Caranya

Nah, melihat perkembangan penggunaan password yang dirasa tidak terlalu aman dari bahaya pembobolan akun Google pengguna, dan juga guna lebih memudahkan pengguna untuk melakukan proses login, Google akhirnya membuat terobosan baru, dengan menambahkan pengenalan sidik jari (fingerprint) sebagai teknologi keamanan yang lebih baik dibandingkan mengetikkan password ketika login ke layanan web Google.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Google, diumumkan bila mulai kini para pengguna Android, khususnya Android 7 (Nougat) atau versi di atasnya, telah bisa menikmati teknologi keamanan sidik jadi (fingerprint). Diungkapkan pula, bila teknologi keamanan sidik jadi (fingerprint) untuk login web Google ini dibangun dengan sejumlah standar uji keamanan tinggi (FIDO2, W3C WebAuthn dan FIDO CTAP), serta dirancang untuk memberikan pengalaman proses otentikasi yang lebih aman dan nyaman.

Lantas, bagaimana cara login web Google menggunakan sistem keamanan sidik jari (fingerprint) di Android? Untuk mengetahuinya, ikuti ulasan lebih lengkapnya berikut ini.

Cara Login Web Google Menggunakan Sidik Jari (Fingerprint) Di Android

Sebelum masuk teknis penggunaan sidik jari sebagai sarana login, ada beberapa prasyarat yang perlu diperhatikan terlebih dahulu, diantaranya adalah:
  • Ponsel Android menggunakan sistem operasi Android 7.0 (Android Nougat) atau versi diatasnya
  • Akun Google pengguna telah ditambahkan ke pengaturan Android
  • Telah mengaktifkan fitur kunci layar (lock screen) di ponsel Android
Nah, setelah semua prasyarat terpenuhi, masuk ke cara mengaktifkan dan menggunakan sidik jari (fingerprint) untuk login di layanan web Google.
Cara Login Web Google Menggunakan Sidik Jari (Fingerprint) Di Android
Sumber Gambar: Google
  • Buka aplikasi Chrome di perangkat Android Anda
  • Masuk ke layanan https://password.google.com
  • Pilih situs web untuk melihat dan mengelola password yang tersimpan
  • Lanjutkan dengan mengikuti instruksi yang muncul untuk mengonfirmasi bahwa Anda sedang mencoba masuk (sign in). 
Untuk bantuan lainnya bisa Anda ketahui di tautan resmi halaman bantuan Google.

Sebagai informasi tambahan, fitur keamanan dengan sidik jari (fingerprint) ini kedepannya juga akan dikembangkan sebagai sarana otentikasi ke layanan web selain Google di perangkat Android.

LihatTutupKomentar