-->

Terungkap, Celah Keamanan Di WhatsApp Mungkinkan Peretas Memanipulasi Pesan

Terungkap, Celah Keamanan Di WhatsApp Mungkinkan Peretas Memanipulasi Pesan - Anda pengguna WhatsApp? Bila iya, maka mulai kini sebaiknya Anda perlu lebih berhati-hati dan teliti ketika menggunakan aplikasi berkirim pesan tersebut.
erungkap, Celah Keamanan Di WhatsApp Mungkinkan Peretas Memanipulasi Pesan
Celah Keamanan Di WhatsApp
Bukan tanpa alasan, diketahui bahwa baru-baru ini para peneliti dari perusahaan keamanan teknologi Check Point berhasil mengungkap celah keamanan serius di WhatsApp yang bisa memungkinkan peretas untuk memanipulasi pesan yang telah terkirim, baik pada layanan pesan grup maupun pesan pribadi. Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi mereka, diungkapkan bila para peneliti berhasil mengeksploitasi celah keamanan WhatsApp melalui layanan aplikasi WhatsApp dan juga layanan WhatsApp versi Web, dengan menggunakan protobuf2 protocol untuk mengenkripsi keamanan pesan.

Lebih jauh dijelaskan dalam temuannya, dengan memanfaatkan celah keamanan ini peretas bisa mengubah isi pesan di dalam percakapan grup menggunakan fitur kutipan (quote). Tak sampai disitu, peretas juga dapat mengubah identitas pengirim pesan, mengubah konten pesan balasan, bahkan mengirimkan pesan ke salah satu anggota grup tanpa terlihat oleh anggota grup lainnya.

Masih dari sumber yang sama, peneliti Check Point juga mendemonstrasikan bagaimana mereka mengeksploitasi celah keamanan di WhatsApp tersebut menggunakan alat bantuan perangkat lunak untuk aplikasi web yang populer di dunia keamanan, bernama Burp Suite. Berikut video demonstrasi yang menggambarkan bagaimana peneliti memanipulasi pesan, dengan memanfaatkan celah keamanan temuan mereka


Perlu diketahui pula, bila celah keamanan ini hanya bisa dieksploitasi oleh anggota grup saja, dan tidak memungkinkan bagi pihak ketiga dari luar grup untuk memanipulasi pesan.


Lantas, bagaimana caranya untuk mengatasi celah keamanan tersebut? Sayangnya, sampai saat ini pengguna WhatsApp tak bisa berbuat banyak selain dengan meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati saat menggunakan layanan aplikasi WhatsApp. Pasalnya, hingga kini pihak WhatsApp belum melakukan pembaruan aplikasi guna mengatasi celah keamanan tersebut.

Nah, demikianlah informasi yang dapat Net-Guard sampaikan kali ini. Disarankan kepada pembaca sekaligus pengguna WhatsApp, agar selalu waspada dan secara berkala melakukan pembaruan (update) aplikasi WhatsApp.

LihatTutupKomentar