Ini Dia Alasan Mengapa Pesan 'Black Dot' Bisa Bikin WhatsApp Crash - Beberapa hari terakhir pengguna WhatsApp dihebohkan dengan kemunculan pesan jahil 'Black Dot' (titik hitam) yang mampu membuat aplikasi WhatsApp menjadi crash alias mogok bekerja bila di tekan oleh si penerima pesan.
Mengapa Pesan 'Black Dot' Bisa Bikin WhatsApp Crash? Ini Dia Alasannya
Alasan Mengapa Pesan 'Black Dot' Bisa Bikin WhatsApp Crash
Walaupun sebenarnya pesan 'Black Dot' di WhatsApp tidak begitu berbahaya, hanya saja akibat minimnya pengetahuan pengguna, tak sedikit orang yang menjadi justru menjadi korban malfungsi WhatsApp dan kebingungan untuk mengatasi keadaan itu.

Berdasarkan hasil uji coba Net-Guard, diketahui dampak dari mengakses pesan bertanda titik hitam yang disertai dengan kalimat peringatan itu adalah aplikasi WhatsApp tak akan merespon aktivitas pengguna, dan akan berhenti bekerja dalam beberapa detik. Mengatasi keadaan ini sebenarnya sangatlah mudah, Anda bisa menunggu beberapa saat hingga layanan WhatsApp kembali bekerja, atau dapat pula menekan dan menahan tombol home di ponsel, hingga layar kembali ke halaman home, lalu akses kembali (restart) aplikasi WhatsApp.

Alasan Mengapa Pesan 'Black Dot' Bisa Bikin WhatsApp Crash

Pertanyaannya, mengapa pesan 'Black Dot' bisa membuat crash WhatsApp? Apakah pesan tersebut bisa merusak aplikasi WhatsApp atau bahkan merusak ponsel orang yang mengaksesnya? Membahas lebih jauh tentang fenomena pesan 'Black Dot' di WhatsApp, maka dari hasil penelusuran Net-Guard, didapati alasan yang menyebabkan terjadinya crash saat pesan bertanda titik hitam itu di tekan.
Pesan 'Black Dot' Bisa Bikin WhatsApp Crash
Contoh Pesan 'Black Dot' Bisa Bikin WhatsApp Crash
Diketahui bila alasan utama penyebab crash pada WhatsApp bukanlah titik hitam yang terdapat di dalam pesan, namun ruang kosong (spasi) yang terdapat di samping tanda titik hitam itulah yang menjadi biang keladi WhatsApp menjadi hang.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana mungkin ruang kosong berupa spasi tersebut bisa membuat WhatsApp menjadi crash? Perlu sedikit kejelian untuk mengetahuinya, jawabannya terletak pada isi dibalik ruang kosong tersebut. Bila Anda memiliki kemampuan untuk mengubah (mengkonversi) pesan 'Black Dot' ke dalam HTML (Hyper Text Markup Language) maka akan didapati kode "& rlm:" yang disisipkan secara berulang-ulang di dalam ruang kosong (spasi) menggunakan teknik Control Character, yaitu teknik pemformatan karakter yang tak terlihat disertai saat mengetikkan tulisan dalam format penulisan dari kiri ke kanan atau yang dikenal juga sebagai LRM (left-to-right mark).
Kode Pesan 'Black Dot' Bisa Bikin WhatsApp Crash
Kode Dibalik Pesan 'Black Dot' Bisa Bikin WhatsApp Crash
Nah, kode "& rlm:" yang disisipkan dengan format khusus  di dalam ruang kosong (spasi) tersebut tak mampu dikenali oleh sistem pada aplikasi WhatsApp, sehingga mengakibatkan aplikasi WhatsApp bekerja terus menerus untuk membaca isi pesan dan berujung pada crash ketika ruang kosong tersebut ditekan.

Demikianlah, alasan apa yang menyebabkan pesan 'Black Dot' bisa mengakibatkan crash pada WhatsApp. Perlu diketahui pula, bila pesan 'Black Dot' juga mampu mempengaruhi aplikasi pesan lainnya, seperti Facebook Messenger dan aplikasi Facebook sendiri.

Advertisement
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top