Wajib Diketahui, Inilah Fakta Penting Untuk Membuat Password yang Aman - Setiap warganet pasti mengenal apa itu password alias kata sandi. Dikenal sebagai kumpulan karakter atau kata rahasia yang berfungsi sebagai alat untuk memverifikasi identitas diri, tentunya password telah menjadi bagian yang tak asing lagi bagi pengguna internet.
Wajib Diketahui, Inilah Fakta Penting Untuk Membuat Password yang Aman
Wajib Diketahui, Inilah Fakta Penting Untuk Membuat Password yang Aman
Membahas tentang password, pernahkah Anda mendapati layanan web atau aplikasi yang mensyaratkan untuk membuat password dengan kombinasi karakter huruf besar dan kecil, angka, sampai dengan menambahkan karakter khusus? Ya, mungkin sebagian besar diantara pembaca sekalian pernah atau bahkan sering mendapati hal ini. Faktanya, syarat membuat password seperti itu muncul dari ide pria bernama Bill Burr, seorang mantan manager di sebuah lembaga yang bernama National Institute of Standards and Technology (NIST) pada tahun 2003 lalu. Melalui tulisan yang dimuat dalam jurnal lembaga tersebut, Burr menjelaskan tentang cara membuat password yang aman dengan syarat-syarat seperti yang disebutkan di atas.

Sayangnya, setelah 14 tahun Bill Burr kini justru menyesali tulisan yang dibuatnya tersebut. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Wall Street Journal, Burr mengakui bahwa penelitiannya tentang passoword yang aman itu tidaklah akurat. Bahkan, diketahui pula bila ia bukanlah seorang pakar keamanan.

Setelah mengetahui fakta di atas, lantas bagaimana sebenarnya membuat password yang aman? Dikutip dari Gizmodo, dijelaskan bahwa password yang pendek sekalipun dengan menggunakan kombinasi karakter huruf (besar/kecil), angka, dan karakter khusus akan jauh lebih mudah ditebak menggunakan metode matematika sederhana, dibandingkan dengan menggunkan beberapa kata sederhana yang membentuk frasa dalam teknik pemecahan password di komputer.

Bahkan dalam sebuah ilustrasi, diperlihatkan bahwa password pendek dengan kombinasi karakter khusus dapat dipecahkan dalam waktu 3 hari. Sementara gabungan 4 kata yang panjang diperkirakan membutuhkan waktu 550 tahun untuk ditebak.

Oleh sebab itu, lembaga NIST saat ini membuat rekomendasi baru untuk membuat password yang aman, yaitu dengan menggunakan beberapa kata yang panjang dan membentuk frasa. Selain lebih aman, tentunya akan lebih mudah diingat dibandingkan menggunakan password dengan kombinasi karakter yang memusingkan.

Baca Juga: Empat Rahasia Keamanan Komputer Yang Perlu Anda Ketahui

Demikianlah informasi yang wajib diketahui, perihal fakta membuat password yang aman sebenarnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca Net-Guard sekalian.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top