Empat Rahasia Keamanan Komputer Yang Perlu Anda Ketahui - Ancaman pembobolan keamanan komputer, saat ini menjadi salah satu masalah yang tak dapat dipungkiri lagi. Bukan hal baru lagi, bila terdengar makin maraknya pencurian data ataupun pembobolan sebuah situs yang memanfaatkan celah keamanan pada komputer seseorang. Bukan hanya terjadi di negara-negara maju, di Indonesia sendiri kasus-kasus kejahatan siber telah menjadi trend baru penjahat untuk mengambil keuntungan, contohnya saja kasus phising pada ratusan hingga ribuan akun sosial media, hingga pada peretasan situs-situs milik negara.
Empat Rahasia Keamanan Komputer Yang Perlu Anda Ketahui
Empat Rahasia Keamanan Komputer Yang Perlu Anda Ketahui
Berdasarkan masalah yang telah disebutkan di atas, maka menjaga keamanan khususnya komputer Anda dari ancaman kejahatan siber saat ini menjadi sangat penting untuk dilakukan. Nah, berkaitan dengan keamanan komputer, maka redaksi Net Guard akan mencoba berbagi pengetahuan tentang Empat Rahasia Keamanan Komputer Yang Perlu Anda Ketahui. Diharapkan dengan informasi ini, para pembaca sekalian dapat memahami hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam upaya mengamankan komputer Anda.

1. Menjaga Keamanan Password Anda
Hampir semua akun yang berhubungan dengan komputer dan internet membutuhkan password, dari pengaktifan sistem operasi pada saat pertama kali menyalakan komputer, hingga pada akun-akun sosial. Hal pertama yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan password akun Anda adalah menggunakan kata kunci yang kuat dan hindari menggunakan password pendek dan mudah ditebak, misalnya saja menggunakan kata kunci; "12345" atau "qwerty". Selanjutnya adalah memaksimalkan keamanan password dengan menggunakan kombinasi antara huruf besar dan kecil, serta menambahkan karakter spesial misalnya; * dan $. Pastikan pula panjang password lebih dari 10 karakter, bila kesulitan untuk mengingatnya Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi password manager yang banyak tersedia secara gratis.

2. Selalu Update Software Pada Komputer Anda
Sering melihat beberapa pemberitahuan untuk melakukan update software pada komputer Anda? Bila ya, jangan anggap sepele dan mengabaikan hal tersebut, pasalnya pembaruan pada aplikasi di komputer dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk menutup celah keamanan.

3. Memasang Antivirus Dan Firewall
Salah perangkat paling penting bagi keamanan komputer adalah Antivirus dan Firewall, pasalnya kejahatan siber melalui komputer sebagian besar memanfaatkan virus dan malware sebagai jembatan untuk membobol dan mencuri data pada komputer. Jangan lupa pula untuk selalu melakukan update terhadap Antivirus dan Firewall, karena hal ini dapat menangkal serangan virus yang kian lama kian berkembang. (Baca juga: 5 Tanda Komputer Tertular Virus)

4. Menerapkan Sistem Keamanan Two Factor Authentication
Bila Anda memiliki beberapa akun sosial media dan akun pribadi yang berhubungan dengan jasa perbankan, maka manfaatkan sistem keamanan dengan menggunakan sistem two factor authentication, yaitu sebuah fitur yang menggunakan beberapa langkah verifikasi, untuk memastikan kepemilikan akun. Umumnya cara ini akan memanfaatkan kata kunci serta verifikasi tambahan seperti memasukkan beberapa kode yang dikirimkan melalui pesan singkat pada ponsel Anda.

Nah, bagaimana apakah selama ini Anda telah menerapkan empat langkah penting di atas? Bila belum mungkin kini saatnya Anda mulai mengamankan komputer dengan memanfaatkan petunjuk yang telah disebutkan. Demikianlah informasi yang dapat dibagikan kali ini, semoga bermanfaat.
Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top