Gempar! WannaCry Ransomware Jangkiti Ribuan Komputer 99 Negara Termasuk Indonesia - Dunia keamanan teknologi informasi, khususnya komputer saat ini tengah dihebohkan dengan fenomena serangan siber masif bernama WannaCry ransomware.
Gempar! WannaCry Ransomware Jangkiti Ribuan Komputer 99 Negara Termasuk Indonesia
WannaCry Ransomware Menjangkiti Komputer di Dunia
Tak tanggung-tanggung, serangan WannaCry ransomware diketahui telah berhasil menjangkiti puluhan ribu jaringan komputer di lebih dari 99 negara di dunia. Berdasarkan informasi yang dikutip dari TheHackerNews, dilaporkan bahwa serangan ransomware WannaCry di Inggris telah mematikan jaringan komputer di 16 rumah sakit. Sementara itu, laporan lain menyebutkan 85 persen komputer di perusahaan telekomunikasi Telefonica (Spanyol) juga telah terinfeksi jenis malware jahat tersebut.


Sialnya lagi, Indonesia termasuk salah satu negara yang menjadi target serangan jenis malware yang mampu mengenkripsi file penting serta mengunci komputer tersebut. Dikutip dari Tempo, dikabarkan bahwa jaringan komputer di Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais terindikasi juga menjadi korban target serangan ransomware WannaCry.

Lantas apa sebenarnya WannaCry ransomware itu?
Perlu diketahui bila WannaCry adalah jenis malware atau program jahat yang mampu mengenkripsi seluruh data di dalam komputer dan juga mengunci akses terhadap komputer, dan digunakan oleh penjahat pembuatnya sebagai cara memeras pemilik komputer korban untuk mengirimkan sejumlah uang tebusan, apabila file dan akses komputer tersebut ingin bisa dibuka kembali.

Menggunakan celah keamanan yang terdapat di Microsoft Windows SMB Server pada perangkat komputer yang menjalankan sistem operasi Windows XP, Windows 8 dan Windows Server 2003, disebutkan pula bahwa penyebaran WannaCry ransomware sangatlah cepat menjangkiti komputer di dalam sebuah jaringan. Satu saja komputer terinfeksi malware ini, maka ia akan secara otomatis mencari komputer rentan lainnya yang terhubung dalam jaringan yang sama.

Bagaimana menangkal serangan WannaCry ransomware?
Hingga saat ini belum didapati secara pasti cara yang ampuh untuk memperbaiki komputer yang telah terlanjur terjangkiti oleh WannaCry ransomware. Namun, untuk menangkal serangan WannaCry ransomware, disarankan untuk memperbarui (update) sistem keamanan server jaringan komputer, yaitu dengan menambal celah keamanan EternalBlue exploit (MS17-010).

Selain itu, hindari mengakses kiriman email yang tidak dikenal untuk membuka sebuah dokumen di dalamnya. Disarankan pula, untuk menyimpan data penting dari dalam komputer ke tempat cadangan lainnya yang tidak dalam satu jaringan dengan komputer utama, serta membuat salinan data dan disimpan di dalam perangkat penyimpanan yang tidak terhubung dengan komputer. Terakhir, pastikan pula untuk selalu melengkapi komputer dengan perangkat keamanan antivirus yang selalu diperbarui.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top