4 Ekstensi Chrome yang Ampuh Menjaga Keamanan dan Privasi Anda Saat Browsing - Ada berbagai macam cara bagi para penjahat dunia maya, untuk membobol keamanan dan privasi seseorang saat melakukan aktivitas browsing,  salah satu contoh paling sering ditemui yaitu upaya pencurian data penting dengan jebakan situs palsu yang sengaja dipasangi jebakan phising. Menyikapi ancaman tersebut, maka tentunya memilih jenis peramban (browser) yang aman sebagai sarana browsing menjadi sangat penting artinya bagi para pengguna internet.
4 Ekstensi Chrome yang Ampuh Menjaga Keamanan dan Privasi Anda Saat Browsing
4 Ekstensi Chrome yang Ampuh Menjaga Keamanan dan Privasi
Pertanyaannya, jenis peramban (browser) apa yang paling aman untuk menghindari masalah pembobolan keamanan dan privasi kita saat browsing ? Dikutip dari berbagai sumber, ada banyak jenis (browser) yang diklaim aman digunakan oleh penggunanya dari serangan penjahat, akan tetapi Net-Guard sendiri lebih menyarankan penggunaan Chrome sebagai browser yang mumpuni dalam urusan keamanan dan privasi pengguna. Alasannya, Google selaku pengembang peramban (browser) Chrome selalu tanggap terhadap ancaman keamanan dan privasi pengguna, hal ini dibuktikan dengan pembaruan fitur keamanan Chrome yang responsif bila didapati celah keamanan yang krusial.

Selain itu, ada pula alasan lain mengapa Chrome layak dipilih sebagai peramban (browser) yang ampuh untuk menjaga keamanan dan privasi kita saat browsing, yaitu tersedianya fitur penambahan ekstensi (extensions) Chrome, khususnya dalam hal menjaga keamanan dan privasi pengguna, yang berfungsi sebagai perangkat tambahan untuk melindungi aktivitas kita saat browsing.

Diketahui bahwa, ada banyak sekali ekstensi chrome yang tersedia di layanan resmi toko web Chrome (Chrome Web Store) yang bisa Anda gunakan sebagai sarana tambahan untuk menjaga keamanan dan privasi. Namun dari kesemuanya, terdapat 4 (empat) ekstensi Chrome yang direkomendasikan untuk dijadikan sarana melindungi keamanan dan privasi Anda. Apa saja keempat ektensi tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. uBlock Origin
Berhubungan dengan pelanggaran privasi, di dunia internet, diketahui banyak situs web yang sengaja mengumpulkan berbagai informasi penting dari pengunjung, tanpa ijin dan menggunakan data tersebut sebagai sarana memonitor aktivitas online pengunjung. Umumnya, upaya pengumpulan data pengunjung berkaitan erat dengan jasa periklanan. Nah, disinilah guna dari ekstensi Chrome uBlock Origin, yaitu memberikan kemampuan bagi penggunanya untuk mengatur atau bahkan memblokir upaya pengumpulan data pribadi berlebihan dari situs-situs tersebut.

2. TunnelBear VPN
Penggunaaan VPN (Virtual Private Network) tak terbantahkan lagi bisa menjadi sarana ampuh untuk mengamankan data dan aktivitas pengguna Internet saat melakukan browsing. Nah, diantara berbagai penyedia layanan VPN dalam bentuk ekstensi Chrome, maka salah satu yang bisa diandalkan dan mudah untuk digunakan adalah TunnelBear VPN.

3. ScriptBlock
Salah satu upaya penjahat dunia maya untuk membobol keamanan dan privasi pengguna adalah dengan menyisipkan kode-kode khusus (script) yang berbahaya pada sebuah situs. Nah, untuk melindungi diri kita dari tindakan kejahatan tersebut adalah dengan memasang ekstensi Chrome ScriptBlock, dimana perangkat tambahan ini akan mendeteksi dan memberi peringatan kepada pengguna secara otomatis bila mendapati script mencurigakan, dalam situs tertentu.

4. Disconnect
Memiliki fungsi yang hampir sama dengan ScriptBlock, ekstensi Chrome Disconnect juga bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk mendeteksi adanya kode berbahaya yang disisipkan dalam situs tertentu. Namun, dari Disconnect memiliki kelebihan lain yaitu lebih ringan untuk digunakan dan bisa memberikan efek browsing yang lebih cepat.

Baca Juga: Tingkatkan Keamanan Chrome Di Android, Google Update Fitur Safe Browsing

Demikianlah informasi tentang 4 (empat) ekstensi Chrome yang ampuh untuk menjaga keamanan dan privasi Anda saat browsing. Semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top