Mengenal Malvertising, Teknik Baru Penyebaran Malware - Malicious Software  atau yang lebih dikenal sebagai Malware (perangkat lunak yang ditujukan untuk menyusup dalam rangka pencurian data, dan juga dapat merusak sistem serta jaringan komputer), merupakan salah satu ancaman serius, bagi para pengguna komputer dan gadget di Indonesia saat ini. Hal ini dibuktikan dengan pemberitaan yang dikutip dari situs tekno.liputan6.com, dimana disebutkan dalam salah satu artikelnya yang menyatakan bahwa serangan Malware telah berhasil menginfeksi 63 persen komputer khususnya PC, di Indonesia.
Mengenal Malvertising, Teknik Baru Penyebaran Malware
Mengenal Malvertising, Teknik Baru Penyebaran Malware
Berdasarkan dari beberapa sumber, teknik penyebaran Malware sangatlah beragam, dari menggunakan perangkat lunak (software), hingga memanfaatkan website sebagai sarana untuk menyusup ke komputer di seluruh dunia. Namun, dalam perkembangannya kini, teknik penyebaran Malware diketahui juga banyak mengelabui pengguna komputer melalui iklan, atau yang dikenal sebagai Malvertising (Malicious  Advertising). Nah berkaitan dengan teknik baru penyebaran Malware ini, maka Net-Guard mencoba untuk mengupas lebih jauh Malvertising, tentang informasi pengertian, bagaimana cara Malvertising bekerja dan cara menghindari ancaman Malvertising.

Apa itu Malvertising?

Malvertising berasal dari singkatan kata Malicious dan Advertising, dan diartikan sebagai sebuah teknik menyebarkan Malware menggunakan iklan online. Dalam penyebarannya ini, Malvertising melibatkan perangkat perusak (Malware) yang di selipkan (injecting) ke jaringan iklan online pada sebuah halaman website. Penggunaan iklan dalam menyebarkan perangkat jahat ini, dianggap sebagai platform yang solid, karena lebih mudah dalam menarik perhatian pengguna komputer, selain itu dengan menggunakan teknik Malvertising, para penjahat dapat menghindari kecurigaan korban karena iklan yang telah disisipkan Malware ini juga dapat ditampilkan pada website ternama, melalui jaringan pengembang iklan tanpa diketahui.

Bagaimana cara kerja Malvertising?

Diketahui pula, Malvertising merupakan sebuah konsep yang tergolong baru untuk menyebarkan malware, dan bahkan termasuk dalam teknik penyebaran yang sulit terlacak karena dapat bekerja dengan memanfaatkan jaringan lalu lintas pada halaman website dan melakukan penyebaran tanpa disadari, uniknya lagi dengan teknik Malvertising, sebuah Malware dapat menyebar tanpa harus melalui tindakan pengguna komputer, seperti pada umumnya yaitu Malware hanya dapat menyebar bila pengguna komputer melakukan klik pada sebuah link ataupun membuka software yang terinfeksi. Berikut penjelasan gambar, yang menggambarkan bagaimana cara kerja Malvertising menyerang komputer seseorang.


Bagaimana cara menghindari ancaman Malvertising?

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghindari ancaman penyebaran Malware dengan menggunakan teknik Malvertising yaitu memasang antivirus, memasang aplikasi untuk mencegah (blokir) iklan atau yang lebih dikenal dengan adblocker ataupun pop-up blocker, disarankan pula untuk memasang firewall dan aplikasi anti malware pada komputer.

Demikianlah informasi tentang Malvertising yang dapat Net-Guard bagikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Apabila terdapat kekurangan dalam penyajian informasi ini, diharapkan para pembaca sekalian agar dapat memberikan kritik dan saran terkait dengan artikel ini, melalui kolom komentar yang telah tersedia.
Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top