Cara Mengetahui Aplikasi Palsu di Layanan Google Play Store - Seiring makin banyaknya pengguna smartphone Android, maka makin banyak pula aplikasi yang bermunculan di layanan Google Play Store. Bagi para pengguna Android, tentu hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri, seperti lebih banyak pilihan aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan aktivitas pengguna.
Cara Mengetahui Aplikasi Palsu di Layanan Google Play Store
Cara Mengetahui Aplikasi Palsu di Layanan Google Play Store
Namun, di balik pesatnya pertumbuhan jumlah aplikasi di layanan Google Play Store, ternyata ada masalah serius yang mengancam keamanan pengguna, yaitu kemunculan aplikasi-aplikasi palsu yang meniru (menyerupai) aplikasi tertentu yang biasanya banyak diminati pengguna Android. Bukan tanpa bukti, diketahui di tahun 2017 lalu, dari berbagai sumber dilaporkan bahwa lebih dari satu juta pengguna Android telah "tertipu" dengan memasang aplikasi WhatsApp palsu dari layanan Google Play Store.

Apa Bahaya Aplikasi Palsu?

Tak sedikit diantara pengguna Android yang menyadari ancaman bahaya apa yang akan dihadapi bila memasang aplikasi palsu di perangkat Android mereka. Perlu diketahui oleh pembaca sekalian, bila sebagian besar aplikasi palsu memiliki kemampuan jahat, misalnya saja memunculkan iklan secara terus menerus, mencuri informasi penting di perangkat Android pengguna, sampai dengan menginfeksi malware ke perangkat Android.

Melihat bahaya dari penyebaran aplikasi palsu di layanan Google Play Store, pihak Google sendiri telah berusaha keras untuk mengatasinya dengan membangun sistem keamanan bernama Google Play Protect yang bekerja untuk memverifikasi aplikasi di layanan Play Store-nya. Bahkan, dengan sistem keamanan ini, Google berhasil menyingkirkan tak kurang dari 700 ribu aplikasi palsu dan aplikasi berbahaya. Sayangnya, langkah Google ini belum cukup ampuh menahan kemunculan aplikasi palsu baru di layanan Google Play Store, pasalnya berdasarkan informasi yang dilaporkan oleh Reddit (r/Android), telah didapati adanya aplikasi palsu yang meniru aplikasi SwiftKey  dan aplikasi VLC, dimana kedua aplikasi ini tergolong sebagai aplikasi populer.

Lantas, apa yang dapat kita lakukan agar dapat mengetahui palsu atau tidaknya sebuah aplikasi di layanan Google Play Store? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui aplikasi palsu ketika mengakses layanan Google Play Store.

Cara Mengetahui Aplikasi Palsu di Google Play Store


Periksa Hasil Pencarian Aplikasi
Umumnya, aplikasi palsu akan menggunakan gambar ikon logo yang menyerupai aplikasi asli. Nah, luangkan sedikit waktu Anda untuk mencoba melakukan pencarian di layanan Google Play Store, jika dijumpai ada beberapa daftar aplikasi yang menggunakan gambar ikon yang sama, maka disini Anda patut waspada

➤ Periksa Nama Aplikasi dan Nama Pengembang (Developer) Aplikasi 
Jika Anda mendapati ada beberapa aplikasi dengan gambar ikon yang sama, maka langkah selanjutnya disarankan untuk memerika nama aplikasi dan nama pengembang (developer) aplikasi. Pastikan nama aplikasi serta nama pengembang aplikasi sesuai dengan nama resmi mereka. Kecenderungannya, aplikasi palsu akan membuat nama aplikasi menyerupai nama aplikasi resmi (asli) dengan tambahan tertentu, dan tentu saja nama pengembang aplikasi tak sama dengan nama pengembang dari aplikasi resmi (asli).

➤ Periksa Informasi Jumlah Pemasangan Aplikasi
Setiap aplikasi di layanan Google Play Store pasti tercantum informasi-informasi pendukung yang dapat dilihat oleh pengguna. Nah, disini Anda perlu memeriksa apakah jumlah pemasangan aplikasi tersebut masuk akal atau tidak. Misalnya saja, aplikasi-aplikasi populer seperti Facebook, Instagram, WhatsApp diketahui memiliki jumlah pemasangan lebih dari satu juta pengguna, dan bila ternyata Anda mendapati ada aplikasi yang mirip namun informasi jumlah pemasangan hanya 100 perangkat, maka hampir dapat dipastikan bahwa aplikasi tersebut merupakan aplikasi palsu.

➤ Periksa Ulasan (Review) Aplikasi
Cara lain untuk mengetahui aplikasi palsu di Google Play Store adalah dengan memerika ulasan (review) pengguna lain. Walaupun hampir sebagian besar aplikasi palsu akan dipenuhi dengan ulasan-ulasan yang baik, namun tak jarang akan ada pula ulasan pengguna yang benar-benar berimbang dalam mencantumkan pengalaman mereka ketika menggunakan aplikasi tersebut. Tentunya Anda perlu waspada ketika mendapati ulasan yang menyebutkan aplikasi tersebut sebagai aplikasi palsu.

Apabila Anda telah yakin mendapati aplikasi palsu di layanan Google Play Store, maka disarankan untuk melaporkannya kepada pihak Google, caranya adalah dengan mengakses pilihan bertuliskan "Flag as Inappropriate" yang terletak di bagian bawah informasi sebuah aplikasi. Selanjutnya Anda akan menjumpai beberapa pilihan alasan laporan, di tahap ini Anda bisa menandai pilihan bertuliskan "Copycat or Impersonation" lalu kirim dengan mengakses tombol "Submit".

Nah, demikianlah informasi yang dapat Net-Guard bagikan tentang cara mengetahui aplikasi palsu di layanan Google Play Store. Semoga saja sajian tersebut bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top