CCleaner Terinfeksi Malware Berbahaya, Begini Cara Mengatasinya - Apakah Anda memasang software CCleaner di perangkat komputer Anda? Bila ya, maka Anda patut menyimak serius informasi dari Net-Guard kali ini.
CCleaner Terinfeksi Malware Berbahaya, Begini Cara Mengatasinya
CCleaner Terinfeksi Malware Berbahaya
Diketahui bersama bahwa CCleaner adalah produk perangkat lunak komputer yang sangat populer di dunia, dan berfungsi untuk mengoptimalkan kerja komputer Windows dengan menghapus berbagai perangkat lunak dan data yang tidak dibutuhkan. Sederhananya, software ini bekerja sebagai pembersih sampah data di perangkat komputer Windows.

Membahas lebih lanjut tentang CCleaner, baru-baru ini muncul berita mengejutkan berkaitan dengan laporan infeksi malware berbahaya pada software yang juga populer bagi pengguna komputer di Indonesia ini.

Lantas, apa sebenarnya yang terjadi dengan CCleaner?
Berdasarkan informasi yang dikutip dari laporan Avast sebagai perusahaan keamanan ternama menyebutkan bila  perangkat lunak CCleaner diindikasikan terinfeksi jenis malware tertentu yang mampu mencuri informasi penting dari sebuah perangkat komputer, misalnya saja nama komputer, alamat IP, daftar software yang terpasang di dalam komputer, perangkat lunak yang aktif, informasi jaringan yang tersambung dengan komputer dan masih banyak lagi. Tak tanggung-tanggung, Avast juga menyebut 2.27 juta perangkat komouter terdeteksi memasang CCleaner yang terinfeksi malware tersebut.

Apakah perangkat komputer Anda berisiko terserang malware yang menginfeksi CCleaner?
Perlu diketahui bila Anda memasang CCleaner versi  Windows 32-bit gratis, maka perangkat Anda sangat berisiko untuk terinfeksi malware yang dibawa CCleaner. Dijelaskan oleh Piriform selaku pengembang CCleaner diyakini bila malware menginfeksi pada produk CCleaner untuk Windows 32-bit versi 5.33.6162 dan CCleaner Cloud (online) versi 1.07.3191.   

Apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi penyebaran malware dari CCleaner yang terinfeksi?
Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperbarui software CCleaner yang terpasang di perangkat komputer Anda. Masih dari sumber yang sama, dijelaskan pengguna CCleaner perlu memperbarui software tersebut dari versi 5.33.6162 ke versi 5.34 atau di atasnya dari halaman resmi perusahaan Piriform.


Nah, demikianlah informasi yang bisa Net-Guard bagikan tentang ancaman malware yang menginfeksi CCleaner dan cara mengatasinya. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top