Serangan Phishing Dengan Teknik Baru Menyasar Pengguna Gmail - Anda salah satu pengguna layanan Gmail? Bila ya, maka mulai saat ini Anda perlu lebih mewaspadai setiap email yang masuk ke dalam kotak surat (inbox) akun Gmail milik Anda. Pasalnya, diketahui saat ini tengah muncul gelombang usaha pencurian akun Gmail dengan menggunakan teknik phishing.
Serangan Phishing Dengan Teknik Baru Menyasar Pengguna Gmail
Serangan Phishing Menyasar Pengguna Gmail
Tak seperti kebanyakan serangan menggunakan teknik phishing melalui email yang dapat dikenali dengan mudah, kali ini penjahat dunia maya menggunakan teknik phishing yang sedikit berbeda dan lebih sulit untuk dikenali oleh kebanyakan pengguna layanan Gmail. Sebagai gambarannya, usaha pencurian akun Gmail dengan teknik phishing tersebut menggunakan lampiran "seperti" gambar, dimana ketika si korban serangan mencoba untuk membuka tampilan pratayang (preview) dari lampiran gambar tersebut, maka bukanlah tampilan pra-tayang gambar yang muncul, melainkan akan terbuka tab baru pada browser berupa halaman login palsu, yang meminta pengguna untuk melakukan re-login.

Nah, bila si korban tidak hati-hati dan jeli, hingga terjebak melakukan login dengan memasukkan nama pengguna dan password miliknya, maka tentu saja data pribadi yang dimasukkan akan terkirim ke penyerang serta digunakan untuk mengambil alih akun Gmail korban. Bahkan tak sampai disitu, akun email korban akan dimanfaatkan pula oleh penyerang untuk mengirimkan serangan phishing lainnya kepada orang-orang yang terdapat di dalam daftar kontak.

Dikutip dari Softpedia News, usaha pembobolan akun-akun Gmail dengan teknik phishing gaya baru ini pertama kali dilaporkan oleh sebuah perusahaan keamanan bernama WordFence, disebutkan pula kemungkinan besar usaha pembobolan ini menggunakan bot yang bekerja secara cepat dan otomatis.

Masih dari sumber yang sama, diungkapkan pula cara untuk menghindari dan mengatasi serangan phishing berbahaya tersebut, diantaranya adalah:
  • Mengamankan akun Gmail dengan menggunakan two-factor authentication (otentikasi dua langkah)
  • Sebelum mengisikan data pribadi, perhatikan apakah url/link telah benar. Bila mencurigakan, disarankan untuk mengabaikan dan menutup halaman yang terindikasi palsu tersebut.
  • Hindari membuka email yang mencurigakan, dan hapus email tersebut dari kotak masuk.
Baca Juga: Mengenal Bahaya Spear Phishing dan Cara Menghindarinya
Nah, demikianlah informasi tentang Serangan phishing Dengan Teknik Baru yang Menyasar Pengguna Gmail. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi pembaca Net-Guard sekalian.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top