Sistem Operasi Mobile Mana yang Paling Aman, iOS 10 atau Android 7.0 Nougat? - Banyak hal yang bisa dijadikan alasan untuk memilih perangkat mobile, baik ponsel pintar maupun tablet. Selain harga dan merek perangkat mobile, maka tak sedikit pula pengguna ponsel pintar dan tablet yang akhirnya menjatuhkan pilihan karena teknologi sistem operasi yang terpasang di dalam perangkat tersebut.
Sistem Operasi Mana yang Paling Aman, iOS 10 atau Android 7.0 Nougat?
Sistem Operasi Mana yang Paling Aman? 

Menyebut sistem operasi mobile, maka baru-baru ini dua perusahaan raksasa pengembang perangkat lunak penggerak ponsel pintar dan tablet, yaitu Apple dan Google diketahui telah meluncurkan versi terbaru produk sistem operasi unggulan mereka. Adalah iOS 10 dan Android 7.0 Nougat, dua sistem operasi teranyar yang diklaim sebagai sistem operasi kaya fitur dan paling canggih saat ini, oleh masing-masing pengembangnya.

Bila berkaca dari ketersediaan fitur canggih, maka tak diragukan lagi iOS 10 dan Android 7.0 Nougat memenuhi semua syarat dan kriteria untuk menjadi sistem operasi yang paling layak untuk dipilih oleh penggunanya. Namun, bagaimana dengan sisi keamanan kedua sistem operasi tersebut? Dan sistem operasi mana yang paling aman untuk digunakan, iOS 10 atau Android 7.0?

Akan sedikit sulit untuk menyebut sistem operasi mana yang paling aman, diantara iOS 10 dan Android 7.0 Nougat, pasalnya kedua sistem operasi sama-sama memiliki fitur keamanan yang mumpuni, seperti fitur pengamanan melalui otentifikasi 2FA (Two Factor Authentication) dan juga sama-sama menerapkan sistem perlindungan data melalui enkripsi yang kuat. Tapi bukan tanpa beda, karena bila mengacu pada pada potensi penyebaran perangkat lunak berbahaya melalui pemasangan aplikasi, maka akan dapat terlihat perbedaan mendasar diantara kedua sistem operasi canggih itu. 

Diketahui bahwa pemasangan aplikasi pada iOS 10 hanya dapat dilakukan melalui layanan toko resmi Apple, atau toko penyedia aplikasi yang telah disetujui oleh pihak Apple. Selain itu,  pihak Apple juga menerapkan seleksi yang ketat bagi para pengembang aplikasi, untuk bisa memasarkan aplikasi mereka di layanan toko resmi Apple. Sebaliknya, pada Android 7.0 Nougat, potensi infeksi perangkat lunak berbahaya pada sistem operasi menjadi lebih rentan, hal ini disebabkan banyaknya layanan penyedia aplikasi Android pihak ketiga yang memungkinkan pengguna Android 7.0 Nougat untuk melakukan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya/dikenal. 

Nah, dari penjelasan singkat di atas dapat kita ketahui bahwa sistem operasi iOS 10 menjadi sedikit lebih baik dari sisi keamanan, bila dibandingkan dengan Android 7.0 Nougat. Namun, bila ada diantara pembaca yang memiliki pendapat berbeda, maka tak ada salahnya untuk membagikan pandangannya melalui kolom komentar yang telah disediakan.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top