Lebih Dari 500 Juta Akun Yahoo Telah Diretas, Pemilik Akun Disarankan Mengamankan Akun Mereka Sesegera Mungkin - Kabar buruk bagi para pemilik akun Yahoo, diketahui bahwa baru-baru ini pihak Yahoo telah melakukan konfirmasi terkait tindak peretasan, yaitu pencurian data lebih dari 500 juta akun Yahoo. Parahnya lagi, pencurian yang belum diketahui secara pasti siapa pelakunya ini, sudah terjadi sejak akhir tahun 2014 lalu.
Lebih Dari 500 Juta Akun Yahoo Dretas, Segera Amankan Akun Anda!
Lebih Dari 500 Juta Akun Yahoo Diretas
Segera Amankan Akun Anda!
Berdasarkan informasi yang dikutip dari The Verge, diperkirakan dari banyaknya akun Yahoo yang diretas tersebut, terdapat beberapa data pribadi yang kemungkinan besar bisa diakses oleh si penyerang adalah data data login, nomor telepon, tanggal ulang tahun, daftar pertanyaan keamanan yang berfungsi untuk membuka akun. Namun, untuk jenis data tertentu, seperti password yang terenkripsi dengan alogaritma khusus, disebutkan masih relatif aman.

Nah, bila Anda termasuk salah satu pemilik akun Yahoo, disarankan untuk sesegera mungkin melakukan langkah pengamanan, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apa dan bagaimana langkah-langkah untuk mengamankan akun Yahoo Anda? Berikut informasi selengkapnya.

Mengubah Password (Kata Sandi), Email Cadangan dan Menghapus Pertanyaan Keamanan
Langkah pengamanan pertama yang wajib dilakukan terhadap akun Yahoo Anda adalah mengubah atau memperbarui data login akun Anda, seperti password (kata sandi), email yang dicadangkan dalam akun Yahoo Anda. Disarankan juga untuk menghapus pertanyaan keamanan yang berfungsi untuk membuka akun bila Anda lupa dengan kata sandi.

Gunakan Otentikasi Dua Langkah (Two Way Authentication)
Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan otentikasi dua langkah atau yang lebih dikenal dengan Two Way Authentication, yaitu layanan yang mengharuskan pengguna akun Yahoo untuk mengisikan kode tertentu yang dikirim melalui sms ke nomor ponsel Anda.

Hapus Email yang Mencurigakan
Untuk memastikan keamanan akun Yahoo Anda, disarankan untuk menghapus email yang dianggap mencurigakan, misalnya saja email yang didalamnya meminta Anda untuk mengakses tautan tertentu. Pastikan pula untuk mengahapus seluruh kotak masuk spam pada layanan Yahoo Mail.

Selain beberapa langkah pengamanan di atas, jangan lupa pula untuk melakukan log out setiap kali Anda selesai menggunakan layanan dan akun Yahoo.

Demikianlah informasi tentang pencurian 500 juta akun Yahoo dan cara mengamankan akun Yahoo Anda. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan kita terhadap keamanan dalam menggunakan layanan apa pun melalui internet.
Advertisement

Post a Comment

  1. Wah, harus waspada ini. Beberapa bulan lalu saya juga pernah dapat pemberitahuan dari yahoo untuk mengganti password karena ada yang mencoba log in ke akun saya. Mungkin termasuk salah satu kasus peretasan ini ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mbak kei masuk ke akun Yahoonya sekarang, nanti ada pemberitahuan juga, berikut di dalam email yang menjelaskan mengapa pengguna perlu mengamankan akunnya.

      Delete

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top