Empat Jenis Virus Berbahaya yang Rentan Menginfeksi Perangkat Android dan Cara Mengatasinya - Bukan hal baru lagi bila menyebut Android sebagai sistem operasi mobile yang paling populer di dunia. Bahkan diperkirakan dua pertiga dari total jumlah ponsel pintar yang terjual di seluruh dunia, menggunakan sistem operasi besutan Google tersebut.
Empat Jenis Virus Berbahaya di Android dan Cara Mengatasinya
Empat Jenis Virus Berbahaya di Android dan Cara Mengatasinya
Namun karena kepopulerannya pula, sistem operasi Android justru menjadi target utama para penjahat dunia maya untuk menggunakannya sebagai sarana menjaring korban tindakan kejahatan mereka. Masalah ini diketahui berdasarkan banyaknya jumlah kasus infeksi virus pada ponsel Android, dibandingkan dengan beberapa sistem operasi mobile lainnya, seperti iOS atau pun Windows Mobile.

Berkaitan dengan masalah serangan virus pada Android, maka pada kesempatan kali ini Net-Guard akan mencoba membagikan informasi penting bagi para pengguna Android di Indonesia, tentang empat jenis virus berbahaya yang rentan menginfeksi perangkat Android dan cara mengatasinya.

1. Godless
Berdasarkan dari berbagai sumber informasi, diketahui bahwa Godless merupakan salah satu jenis virus berbahaya dan rentan menginfeksi perangkat Android. Mengapa virus Godless berbahaya? Adalah kemampuan menyusup dan merusak virus Godless-lah yang membuat jenis virus ini sangat berbahaya. Pasalnya, bila perangkat Android terinfeksi, maka virus Godless akan melakukan root secara diam-diam disaat layar ponsel dalam keadaan tidak aktif (mati) dan selanjutnya ia akan bekerja memasang perangkat lunak berbahaya lainnya. Selain itu, pola penyebarannya pun sulit terdeteksi karena umumnya virus ini disisipkan pada aplikasi tertentu yang tersebar pada layanan resmi Google Play.

Cara mengatasi virus Godless bisa dilakukan dengan mengakses Android melalui safe mode dan selanjutnya menghapus aplikasi yang terindikasi terinfeksi virus Godless. Namun, untuk memastikan virus benar-benar hilang maka setelah melakukan restart, maka disarankan pula untuk melakukan reset sistem kembali ke pengaturan pabrik.

2. Gunpowder
Tak kalah berbahaya, Diketahui virus Gunpowder merupakan jenis malware yang berisi kode-kode berbahaya untuk merusak, dan terdapat pada aplikasi emulator game Nintendo dari pihak ketiga. Seramnya lagi, virus ini cenderung sulit terdeteksi oleh beberapa aplikasi antivirus.

Cara mengatasi virus Gunpowder terbilang gampang-gampang susah, bila aplikasi yang terinfeksi oleh virus tersebut tidak sampai ke akses melakukan root dan juga belum jauh menginfeksi sistem partisi, maka kita dapat melakukan reset sistem kembali ke pengaturan pabrik. Namun, bila virus ini telah menginfeksi jauh ke dalam sistem yang disebutkan, maka hampir tak ada cara lain, selain melakukan flashing ROM (Read Only Memory)

3. Shedun
Jenis virus yang satu ini disebut-sebut sebagai virus di perangkat Android yang paling terkenal di tahun 2015 lalu. Bahaya dari virus Shedun adalah kemampuannya untuk secara otomatis melakukan root pada perangkat Android dan akan membanjiri Android dengan berbagai macam iklan.

Cara mengatasi perangkat Android yang terinfeksi virus Shedun termasuk perkara runyam, pasalnya akan sulit untuk menyingkirkan keseluruhan virus yang mampu menginfeksi dan menyebar pada sistem penting Android. Untuk memastikan virus benar-benar hilang, maka perlu dilakukan root dan flashing kembali berdasarkan model dan jenis firmware yang sulit untuk didapatkan.

4. Hummingbad
Ramai dikabarkan menginfeksi jutaan Android pada bulan Juli 2016 lalu, Virus Hummingbad adalah virus berbahaya yang dapat mencuri hampir semua data di dalam ponsel Android. Bukan itu saja, virus ini juga mampu secara otomatis melakukan pengunduhan aplikasi berbahaya tanpa diketahui oleh pengguna.

Cara mengatasi Android yang terinfeksi virus Hummingbad bisa dengan melakukan reset sistem kembali ke pengaturan pabrik. Namun, pada beberapa kasus, virus ini juga bisa menjadi sulit untuk dihilangkan, disarankan untuk melakukan flashing ROM untuk benar-benar menghapusnya.

Demikianlah informasi tentang empat jenis virus berbahaya yang rentan menginfeksi perangkat Android, dan cara mengatasinya. Semoga informasi dari Net-Guard tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top