Seberapa Banyak Facebook Mengetahui Informasi Data Pribadi Penggunanya? Ini Dia Faktanya - Anda termasuk salah satu pengguna layanan media sosial Facebook? Bila ya, maka mampukah Anda menjawab seberapa banyak Facebook mengetahui informasi tentang data pribadi penggunanya? Boleh jadi diantara Anda akan menjawab, tak banyak informasi data pribadi yang bisa diketahui Facebook, selain data di halaman about pada akun Facebook milik Anda.
Seberapa Banyak Facebook Mengetahui Informasi Data Pribadi Penggunanya? Ini Dia Faktanya
Seberapa Banyak Facebook Mengetahui Informasi Data Pribadi Penggunanya?
Namun, tahukah Anda, faktanya Facebook tahu lebih banyak dari pada yang Anda bayangkan. Bahkan, melalui layanan pengaturan (settings) terbaru Facebook, khususnya pada pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol/mengijinkan tampilnya jenis iklan tertentu pada halaman akun penggunanya, setidaknya 98 informasi tentang data pengguna yang jauh lebih pribadi bisa diketahui oleh Facebook.

Belum percaya? Bukan sekedar rekaan, berdasarkan informasi yang dikutip dari The Washington Post, disebutkan bahwa Facebook memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi pribadi yang sangat rinci dari penggunanya, dengan beberapa cara, seperti melalui pelacakan aktivitas yang Anda lakukan di halaman akun Facebook, melalui perangkat ponsel yang terpasang aplikasi Facebook, dan masih banyak lagi.

Selain itu, lebih lengkap disebutkan dalam artikel The Washington Post, seluruh 98 poin data pengguna sebagai pilihan penargetan iklan yang digunakan Facebook, yaitu:

1. Lokasi
2. Usia
3. Generasi
4. Jenis kelamin
5. Bahasa
6. Tingkat Pendidikan
7. Bidang studi Pendidikan
8. Sekolah
9. Hubungan etnis
10. Pendapatan dan kekayaan bersih
11. Kepemilikan rumah dan jenis rumah
12. Nilai rumah
13. Ukuran properti
14. Ukuran luas rumah
15. Tahun rumah dibangun
16. Komposisi isi rumah
17. Pengguna yang akan merayakan ulang tahun dalam waktu 30 hari
18. Pengguna yang sedang berada jauh dari keluarga atau dari kampung halaman
19. Pengguna yang berteman dengan seseorang yang merayakan ulang tahun, baru saja menikah atau bertunangan, baru saja pindah
20. Pengguna sedang menjalin hubungan jarak jauh
21. Pengguna sedang menjalin hubungan baru
22. Pengguna yang memiliki pekerjaan baru
23. Pengguna yang baru bertunangan
24. Pengguna yang baru menikah
25. Pengguna yang baru-baru ini pindah
26. Pengguna yang akan segera berulang tahun
27. Orangtua
28. Calon orang tua (mertua)
29. Ibu, digolongkan dengan gaya hidup
30. Pengguna yang kemungkinan terlibat dalam politik
31. Konservatif dan liberal
32. Status hubungan
33. Bos (atasan)
34. Industri
35. Jabatan
36. Jenis kantor
37. Minat
38. Pengguna yang memiliki sepeda motor
39. Pengguna yang berencana untuk membeli mobil
40. Pengguna yang membeli onderdil atau aksesoris otomotif baru
41. Pengguna yang mungkin membutuhkan suku cadang mobil atau jasa
42. Jenis dan merek mobil yang Anda kendarai
43. Tahun mobil dibeli
44. Usia mobil
45. Berapa banyak uang yang cenderung akan dikeluarkan pengguna untuk membeli mobil berikutnya
46. Di mana pengguna akan cenderung membeli mobil berikutnya
47. Berapa banyak karyawan perusahaan yang dimiliki
48. Pengguna yang memiliki usaha kecil
49. Bekerja pada posisi manajemen atau eksekutif
50. Pengguna yang telah memberikan sumbangan untuk amal (dibagi berdasarkan jenis)
51. Sistem operasi perangkat (komputer/ponsel)
52. Pengguna yang bermain game canvas
53. Pengguna yang memiliki konsol game
54. Pengguna yang telah membuat acara (events) Facebook
55. Pengguna yang telah menggunakan Facebook Payments
56. Pengguna yang telah mengeluarkan uang melalui Facebook Payments lebih dari rata-rata
57. Pengguna yang mengelola halaman Facebook
58. Pengguna yang baru-baru ini upload foto ke Facebook
59. Peramban (browser) Internet
60. Layanan email
61. Pengadopsi teknologi baru atau lama
62. Ekspatriat (dibagi berdasarkan negara asal)
63. Pengguna yang terlibat dengan lembaga kredit, perbankan nasional atau bank daerah
64. Pengguna merupakan investor (dibagi berdasarkan jenis investasi)
65. Jumlah kredit
66. Pengguna yang memiliki kartu kredit aktif
67. Tipe kartu kredit
68. Pengguna yang memiliki kartu debit
69. Pengguna yang memiliki nilai pada kartu kredit mereka
70. Pengguna yang mendengarkan radio
71. Preferensi dalam acara TV
72. Pengguna yang menggunakan perangkat mobile (dibagi dengan merek apa yang mereka gunakan)
73. Jenis koneksi internet
74. Pengguna yang baru saja mengganti smartphone atau tablet
75. Pengguna yang mengakses internet melalui smartphone atau tablet
76. Pengguna yang menggunakan kupon
77. Jenis pakaian yang dibeli oleh pengguna
78. Toko yang paling sering dikunjungi pengguna untuk berbelanja
79. Pengguna yang suka minum
80. Pengguna yang membeli bahan makanan (apa saja jenisnya)
81. Pengguna yang membeli produk kecantikan
82. Pengguna yang membeli obat alergi, obat flu atau batuk, produk penghilang rasa sakit, dan lainnya
83. Pengguna yang suka membeli produk rumah tangga
84. Pengguna yang suka membeli produk untuk anak-anak atau hewan peliharaan (jenis hewan peliharaan)
85. Pengguna yang melakukan pembelian di atas rata-rata
86. Pengguna yang cenderung berbelanja online atau sebaliknya
87. Jenis restoran yang sering dikunjungi pengguna
88. Jenis toko tempat pengguna berbelanja
89. Pengguna yang menerima tawaran dari perusahaan yang menawarkan asuransi mobil online, pendidikan tinggi atau hipotek, dan kartu debit TV prabayar/satelit
90. Lamanya waktu tinggal di rumah
91. Pengguna yang cenderung akan segera pindah
92. Pengguna yang tertarik di Olimpiade, jatuh sepak bola, kriket atau Ramadan
93. Pengguna yang sering bepergian baik untuk bekerja atau kesenangan
94. Pengguna yang melakukan perjalanan kerja
95. Jenis Liburan pengguna cenderung disukai
96. Pengguna yang baru saja kembali dari perjalanan
97. Pengguna yang baru-baru ini menggunakan aplikasi perjalanan
98. Pengguna yang berpartisipasi dalam timeshare

Disebutkan pula, Facebook memberikan para publisher iklan sebuah layanan  yang disebut dengan Facebook Pixel, dimana layanan ini akan memungkinkan kedua belah pihak untuk melacak kunjungan dari setiap pengguna Facebook. Ditambah lagi dengan informasi yang didapatkan dari hasil kerjasama dengan perusahaan tertentu, seperti Epsilon dan Acxiom yang mengumpulkan informasi data pengguna dari catatan pemerintah, jaminan dan survei, dan sumber-sumber komersial untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengguna Facebook.

Baca Juga : Benarkah Aplikasi Facebook Bisa Mendengarkan Percakapan di Ponsel? Ini Dia Faktanya

Nah, dari penjelasan serta informasi ke 98 data poin data pengguna sebagai pilihan penargetan iklan di atas, dapat kita ketahui bahwa data pribadi yang dapat diketahui Facebook sangatlah terperinci. Sehingga, bila ditanyakan sebanyak apa data pribadi diri Anda yang diketahui oleh Facebook, maka boleh jadi jawabannya, mereka tahu segalanya tentang Anda.
Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top