Risiko Keamanan Dibalik Game Pokemon Go Yang Perlu Anda Ketahui - Dunia game smartphone, kini tengah dihebohkan dengan kehadiran sebuah game unik bernama Pokemon Go. Ya, game yang dikembangkan oleh Pokemon Company bekerja sama dengan Nintendo dan Niantic ini, telah berhasil membuat jutaan pengguna smartphone di dunia berlomba-lomba untuk memainkannya.
Resiko Keamanan Dibalik Game Pokemon Go
Risiko Keamanan Dibalik Game Pokemon Go
Game Pokemon Go, pada dasarnya merupakan game gratis berbasis augmented-reality untuk iOS dan Android, dimana para pemain game ini diharuskan untuk menangkap berbagai jenis Pokemon dari berbagai lokasi di dunia nyata.

Namun dibalik kehebohan game Pokemon Go, tak banyak orang yang menyadari bahwa terdapat pula risiko keamanan yang patut diwaspadai oleh penikmat game tersebut. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Gizmodo, dikabarkan bahwa melalui posting blog seorang ahli keamanan Adam Reeve yang juga merupakan kepala arsitek di perusahaan Red Owl Analytics, mengungkapkan risiko keamanan game Pokemon Go berdasarkan akses penuh yang dimiliki game tersebut terhadap akun Google penggunanya.

Disebutkan pula bahwa game Pokemon Go memerlukan persetujuan dari para pengguna smartphone agar game tersebut dapat mengakses beberapa hal penting dari akun seseorang, diantaranya adalah:

  • Membaca semua email pengguna
  • Mengirim email atas nama pengguna
  • Mengakses seluruh dokumen yang terdapat dalam Google Drive, termasuk menghapusnya
  • Mengakses seluruh history (riwayat) pencarian dan juga history peta navigasi
  • Mengakses seluruh foto pribadi yang disimpan di layanan Google Photos
Menyikapi hal tersebut, melalui keterangan yang diberikan oleh tim dukungan teknis Google menjelaskan bahwa: 

In this case, we checked that the Full account access permission refers to most of the My account settings. Specific actions such as sending emails, modifying folders, etc, require explicit permissions to that service (the permission will say “Has access to Gmail”)
Walaupun masih menjadi sebuah perdebatan, terkait dengan akses penuh yang diberikan pengguna terhada game Pokemon go, namun ada baiknya selaku pengguna untuk memperhatikan kembali hal-hal apa saja yang berkaitan akses penuh yang diminta saat memasang aplikasi maupun game ke dalam smartphone

Dijelaskan oleh Google melalui halaman bantuan pengguna kepada Gizmodo, terkait dengan akses penuh terhadap akun oleh aplikasi dan game: 
Jika Anda memberikan akses akun penuh, aplikasi dapat melihat dan mengubah hampir semua informasi di Akun Google Anda (namun tidak dapat mengubah sandi, menghapus akun, atau membayar dengan Google Wallet atas nama Anda).
Aplikasi Google tertentu dapat dicantumkan di bagian akses akun penuh. Misalnya, Anda mungkin melihat bahwa aplikasi Google Maps yang diunduh untuk iPhone memiliki akses akun penuh.
Berikan hak istimewa "Akses akun penuh" ini hanya kepada aplikasi yang sepenuhnya Anda percaya dan yang terpasang di komputer, ponsel, atau tablet pribadi.
Jika Anda telah memberi akses akun penuh untuk aplikasi yang tidak tepercaya atau tidak dikenal, sebaiknya cabut izin tersebut dengan mengeklik tombol Cabut akses.
Mencabut akses penuh akun
Mencabut Akses Penuh Game Pokemon Go
Lantas, bagaimana cara melakukan cabut (revoke) akses tersebut? Sederhana saja, yang perlu dilakukan adalah dengan mengakses halaman Google Account lalu masuk ke pengaturan Apps connected to your account (aplikasi yang terhubung dengan akun Anda), langkah selanjutnya pilih aplikasi atau game yang dimaksud, lalu lakukan pencabutan akses dengan memilih pilihan Remove Access.

Demikianlah, informasi tentang risiko keamanan dibalik game Pokemon Go yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi tersebut dapat meningkatkan kembali kewaspadaan dan kesadaran kita terhadap risiko keamanan di dunia teknologi informasi.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top