Benarkah Aplikasi Facebook Bisa Mendengarkan Percakapan di Ponsel? Ini Dia Faktanya - Pernahkah terbayangkan oleh Anda, bila semua percakapan pribadi melalui ponsel bisa didengarkan oleh orang lain, tanpa Anda ketahui? Mengerikan bukan? Sialnya, masalah privasi saat menelpon ini mungkin saja dapat terjadi, dan bisa pula dialami oleh siapa saja yang memasang aplikasi sosial media Facebook.
Benarkah Aplikasi Facebook Bisa Mendengarkan Percakapan di Ponsel? Ini Dia Faktanya
Benarkah Aplikasi Facebook Bisa Mendengarkan Percakapan di Ponsel?
Ini Dia Faktanya
Faktanya berdasarkan informasi yang dikutip dari The Register, disebutkan bahwa aplikasi Facebook yang terpasang pada ponsel pintar mampu untuk mengakses perangkat mikrofon ponsel, selain itu kemampuan akses oleh aplikasi Facebook tersebut telah diatur secara default ketika pertama kali dipasang (install), sehingga pengguna aplikasi perlu melakukan usaha ekstra untuk menonaktifkan pengaturan akses pada mikrofon pada aplikasi itu.
Pihak Facebook sendiri dalam penjelasannya melalui halaman layanan bantuan (help) menyebutkan bahwa mereka tidak merekam setiap percakapan, akan tetapi tertulis pula "If you choose to turn on this feature, we'll only use your microphone to identify the things you're listening to or watching based on the music and TV matches we're able to identify. If this feature is turned on, it's only active when you're writing a status update." (Jika Anda memilih untuk mengaktifkan fitur ini, kami hanya akan menggunakan mikrofon Anda untuk mengidentifikasi hal-hal yang sedang Anda dengarkan atau menonton berdasarkan musik dan TV cocok kami dapat diidentifikasi. Jika fitur ini diaktifkan, itu hanya aktif ketika Anda sedang menulis update status). Dapat kita ketahui bersama dari penjelasan tersebut, bahwa aplikasi Facebook yang terpasang pada ponsel dapat mengakses dan mendengarkan aktivitas yang dilakukan melalui mikrofon ponsel.
Walaupun masih menjadi hal yang diperdebatkan, namun tak ada salahnya bagi kita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi bila berhubungan dengan privasi saat melakukan percakapan telepon. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memperhatikan masalah privasi dan ingin tetap menggunakan aplikasi Facebook tanpa dihantui dengan kekhawatiran terhadap masalah ini, maka disarankan untuk menonaktifkan pengaturan akses mikrofon oleh aplikasi Facebook, caranya adalah sebagai berikut:
  • iOS: Settings » Facebook » Settings » Microphone » Nonaktifkan pengaturan mic acces (akses mikrofon).
  • Android: Settings » Privacy and emergency » App permissions » Facebook » Nonaktifkan pengaturan mic acces (akses mikrofon).
Nah, demikianlah informasi yang dapat Net-Guard bagikan kali ini, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top