Laporkan Bug di Instagram, Facebook Hadiahi $10,000 Pada Bocah Usia 10 Tahun - Belum cukup usia untuk mendaftar Facebook, namun Jani, bocah yang masih berusia 10 tahun ini berhasil menemukan bug (cacat) di media sosial online berbagi gambar Instagram dan melaporkan bug tersebut pada Facebook. Selain itu, bocah 10 tahun itu juga membukukan namanya sebagai pemegang rekor termuda sebagai penerima hadiah dari program bug bounty Facebook.
Laporkan Bug di Instagram, Facebook Hadiahi $10,000 Pada Bocah Usia 10 Tahun
Temukan Bug Instagram, Facebook Hadiahi $10,000 Pada Bocah Usia 10 Tahun
Dikutip dari Forbes, Jani (tidak diungkapkan nama lengkapnya) berhasil menemukan dan melaporkan bug (cacat) pada komentar gambar di Instagram, dimana bug tersebut memungkinkan seseorang untuk menghapus seluruh komentar pemilik akun Instagram orang lain.

Diungkapkan pula bahwa bermodalkan cacat pada program aplikasi itu, ia mampu mengubah kode di server Instagram untuk menghapus setiap komentar yang ada pada akun Instagram siapapun, bahkan komentar milik akun Instagram Justin Bieber sekalipun.

Pihak Facebook sendiri dari hasil wawancaranya bersama Forbes mengungkapkan bahwa, hasil laporan bocah 10 tahun tersebut telah diterima dan diverifikasi oleh Facebook, berdasarkan hasil uji coba yang dilakukannya untuk menghapus komentar Facebook yang di-posting pada sebuah akun khusus. Disebutkan pula bahwa cacat terletak pada interface pemrograman di tiap akun pribadi Instagram, sehingga mengakibatkan seseorang yang menemukannya dapat menghapus seluruh komentar yang terdapat di akun orang lain. Dari hasil laporan Jani, akhirnya bug tersebut berhasil ditambal akhir Februari lalu dan ia pun dihadiahi uang sebesar $ 10.000 yang telah diserahkan kepadanya di bulan Maret.

Sementara itu, Jani berkomentar melalui hasil wawancaranya dengan iltalehti.fi, bahwa ia berencana untuk membelikan hadiah kepada saudara-saudaranya dengan uang hadiah dari Facebook tersebut. Selain hadiah uang, prestasi tak biasa dari seorang bocah 10 tahun ini juga membuat namanya tercatat sebagai penerima hadiah termuda dari program bug bounty Facebook, dengan menggeser penerima hadiah paling muda sebelumnya yang berusia 13 tahun.

Program bug bounty Facebook sendiri, merupakan sebuah program yang ditujukan bagi para ahli keamanan teknologi informasi untuk melaporkan setiap masalah berupa celah keamanan atau disebut juga dengan istilah vulnerability, dan bug (cacat) pada setiap program atau aplikasi dari seluruh produk Facebook, dimana para pelapor akan menerima hadiah (reward) berupa sejumlah uang sesuai dengan tingkatan bahaya yang diakibatkan dari laporan tersebut. Sejak tahun 2011 hingga kini, program bug bounty dari facebook ini telah memberikan hadiah uang dengan total lebih dari 4.3 juta dolar kepada lebih dari 800 pelapor.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top