Ini Dia Bahaya Celah Keamanan Pada Kode Kunci Layar iPhone 6s dan Cara Mengatasinya - Anda pengguna smartphone iPhone 6s? Bila ya, maka informasi dari Net-Guard kali ini perlu untuk diperhatikan, pasalnya baru-baru ini para peneliti keamanan telah berhasil menemukan dan mengungkap sebuah celah keamanan berbahaya pada sistem passcode (kode keamanan) kunci layar di perangkat iPhone 6s (iOS 9.3.1).
Ini Dia Bahaya Celah Keamanan Pada Kode Kunci Layar iPhone 6s dan Cara Mengatasinya
Bahaya Celah Keamanan Pada Kode Kunci Layar iPhone 6s dan Cara Mengatasinya
Adalah Benjamin Kunz Mejri selaku peneliti keamanan dari Vulnerability Laboratory, membeberkan bagaimana celah keamanan smartphone iPhone 6s (iOS 9.3.1), dimana celah keamanan level berbahaya itu dapat memungkinkan seseorang untuk menembus atau dalam istilah keamanan melakukan bypass pada passcode (kode keamanan) kunci layar smartphone tersebut. Dampak dari celah keamanan ini, tentu saja sangat mengancam privasi dan keamanan si pemilik smartphone, karena dengan mudah seseorang dapat mengakses informasi pribadi yang terdapat pada perangkat ponsel, seperti akses pada foto (gambar) pribadi dan daftar kontak, setelah berhasil menembus kode keamanan kunci layar.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari The Hacker News, sebagai bahan pengetahuan dibeberkan pula bagaimana cara melakukan bypass kode kunci layar pada perangkat iPhone 6s atau pun iPhone 6s Plus, serta cara mengatasi celah keamanan tersebut. Berikut informasi selengkapnya:

Cara melakukan bypass kunci layar (lockscreen) pada perangkat iPhone 6s
1. Pada perangkat iPhone 6s, lakukan terlebih dahulu penguncian layar
2. Setelah itu, beri perintah "Search Twitter" melalui perintah suara pada Siri
3. Ketika Siri menanyakan apa yang ingin Anda cari, maka lakukan perintah: "at-sign Gmail dot com" atau domain email populer lainnya. Tujuannya adalah untuk menemukan tweet yang berisi alamat email yang valid.
4: Setelah muncul hasil pencarian, tekan pada tweet dengan alamat email yang valid.
5: Lakukan 3D Touch pada alamat email untuk memunculkan menu kontekstual.
6: Lakukan akses (tap) pada pilihan "Create New Contact."
7: Selanjutnya Anda bisa menambahkan (add) gambar agar dapat melihat semua gambar pada perangkat, atau seandainya saja Anda ingin melihat seluruh kontak pada perangkat, maka lakukan akses melalui Siri pada pilihan  "Add to Existing Contact." Berikut pula video demonstrasi yang menunjukkan bagaimana cara menembus kunci keamanan layar pada smartphone iPhone 6s.


Sumber video: YouTube

Perlu diperhatikan bahwa informasi di atas, semata-mata hanya sebagai tambahan pengetahuan saja bagi pembaca sekalian, dan segala bentuk penyalahgunaan terkait dengan informasi ini bukan merupakan tanggung jawab Net-Guard.

Cara mengatasi celah keamanan kode keamanan kunci layar iPhone 6s
Merespon celah keamanan pada iPhone 6s (iOS 9.3.1), pihak Apple selaku pengembang perangkat iPhone, telah mengeluarkan pembaruan perangkat lunak (software) untuk mengatasi masalah keamanan tersebut, sehingga bagi Anda pengguna smartphone iPhone 6s, hanya perlu melakukan update pada perangkat iPhone milik Anda. Namun, bila Anda belum melakukan pembaruan perangkat lunak, maka untuk sementara Anda perlu menonaktifkan layanan perintah Siri pada penguncian layar (lockscreen), guna menghindari hal yang tak diinginkan, selanjutnya disarankan untuk sesegera mungkin melakukan update perbaikan perangkat lunak secara resmi.

Demikianlah informasi yang dapat Net-Guard sampaikan kali ini. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat, bagi Anda.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top