Waspada! Malware Mazar Mampu Hapus Data Dan 'Bajak' Ponsel Android Hanya Dengan Sebuah SMS - Bagi Anda pengguna ponsel android, disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman serangan jenis malware yang mampu menghapus seluruh data pada ponsel hanya melalui sebuah pesan sms. Bahkan, malware tersebut juga mampu membajak ponsel android seseorang untuk melakukan aktivitas tanpa ijin, seperti mengirim pesan sms, melakukan panggilan telepon dan hal mengerikan lainnya.
Malware Mazar Mampu Hapus Data Dan 'Bajak' Ponsel Android Hanya Dengan Sebuah SMS
Serangan Malware Mazar Pada Ponsel Android
Dikutip dari pemberitaan BBC News, terungkap bahwa sebuah perusahaan keamanan informasi di Denmark, yaitu Heimdal Security, berhasil mendeteksi usaha masif penyebaran sebuah malware melalui pesan teks. Adalah Mazar, sebutan dari malware yang memiliki dampak menakutkan bagi pengguna ponsel android.

Dipaparkan oleh para ahli dari perusahaan keamanan Heimdal Security, tentang cara penyebaran malware bernama Mazar, adalah melalui pesan sms atau mms yang membawa tautan (link) untuk mengunduh data mentah dari aplikasi android, atau yang lebih dikenal dengan istilah APK. Apabila pengguna ponsel android, melakukan akses terhadap tautan tersebut, maka file APK berbahaya tersebut akan secara otomatis terunduh dan terpasang pada ponsel, dimana selanjutnya akan muncul permintaan dari aplikasi tersebut untuk meminta pengguna memberikan ijin terhadap akses ke beberapa pengaturan penting, dan jika hal itu terjadi, maka dapat dipastikan ponsel android akan terinfeksi malware jahat, yang mampu menghapus seluruh data pada ponsel.
Serangan Malware Mazar Pada Ponsel Android
Tampilan Pesan Pembawa Malware Mazar
Keunikan dalam akses penyebaran pesan jahat yang membawa malware tersebut adalah, ponsel android tidak akan melakukan pemasangan file APK berbahaya, bila pengaturan bahasa dalam sistem operasi di setting ke dalam bahasa Rusia.

Bagi Anda para pengguna ponsel android guna menghindari infeksi malware mazar, disarankan untuk tidak melakukan akses (klik) pada setiap pesan mencurigakan yang masuk ke ponsel Anda, selain itu atur pengaturan ponsel agar tidak melakukan pemasangan aplikasi yang bersumber selain dari pihak resmi Play Store dengan cara : masuk ke bagian pengaturan > Keamanan (Security) > atur ke posisi off pada pilihan yang bertuliskan "Allow installation of apps from sources other than the Play Store." Jangan lupa pula untuk selalu melakukan pembaruan anti virus atau pun pembaruan (update) perangkat lunak Android.
Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top