Hati-hati! Hanya Karena Ubah Tanggal, Perangkat iOS Bisa "Pensiun" - Apakah Anda pengguna gadget berbasis iOS? Bila ya, maka mulai kini sebaiknya Anda disarankan untuk berhati-hati bila mengubah pengaturan tanggal pada semua jenis perangkat iOS milik Anda, pasalnya mengutip informasi dari pemberitaan hufftingtonpost.com, disebutkan bahwa terdapat bug pada sistem operasi iOS yang sanggup mengakibatkan iPhone, iPad dan iPod Touch berhenti bekerja alias "pensiun."
Hati-hati! Hanya Karena Ubah Tanggal, Perangkat iOS Bisa "Pensiun"
Bug Tanggal Pada iOS
Patut dihindari, bug tersebut akan mulai memengaruhi perangkat iOS apabila tanggal pada perangkat tersebut diatur ke tanggal 1 Januari 1970 dan melakukan restart setelahnya, maka ketika dinyalakan kembali perangkat iOS tersebut, booting hanya sampai pada tahap kemunculan logo Apple saja, atau tak bisa menjalankan sistem operasi dengan sempurna. Keadaan ini akan tetap terjadi, sekalipun Anda mematikan dan menyalakan kembali perangkat secara berulang kali.

Masalah tanggal pada iOS ini, ditemukan pada perangkat yang memiliki prosesor 64-bit serta menjalankan iOS 8 atau versi iOS di atasnya. Sementara untuk perangkat dengan prosesor 32 bit disebutkan tidak terdampak dengan bug tanggal tersebut. Belum ada alasan pasti yang dapat menjelaskan mengapa hal ini dapat terjadi. Merespon masalah bug tanggal ini, pihak Apple dalam pernyataan resminya yang dikutip halaman support.apple.comakan melakukan perbaikan terhadap masalah tersebut melalui pembaruan software berikutnya.

Lantas, bagaimana caranya bila terlanjur menghadapi masalah tersebut? Walaupun, tak menjamin dapat berhasil memecahkan masalah perangkat iOS yang "pensiun" booting akibat bug tanggal, para pengguna perangkat iOS dapat mencoba beberapa cara, diantaranya adalah dengan membiarkan perangkat menyala hingga daya pada baterai habis dan untuk memastikannya, pengguna cukup mendiamkan perangkat selama kurang lebih 5 jam, atau dengan cara lain, yaitu dengan mengganti SIM card pada perangkat iOS setelah dimatikan.

Disarankan bagi Anda pengguna perangkat iOS, seperti iPhone dan iPad untuk berhati-hati dalam mengubah pengaturan tanggal, karena masalah serupa juga pernah dilaporkan terjadi akibat sejumlah pengguna mencoba mengubah zona waktu dari Beijing ke zona waktu New York.

Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top