Tingkatkan Keamanan Chrome Di Android, Google Update Fitur Safe Browsing - Salah satu nilai lebih browser Chrome versi desktop adalah disematkannya fitur Safe Browsing, sebagai langkah mengamankan penggunanya dari serangan phising serta malware. Nah, kini fitur yang berfungsi memberi peringatan kepada pemakai komputer saat menjelajahi internet saat ditemui indikasi sebuah situs "nakal" yang mengandung bahaya tersebut diberitakan telah ditambahkan pada browser Chrome versi mobile, khususnya untuk Android.
Tingkatkan Keamanan Chrome Android, Google Update Fitur Safe Browsing
Google Update Fitur Safe Browsing
Pada penjelasan yang dikutip dari halaman resmi Google Online Security Blog, disebutkan bahwa mengamankan serangan phising merupakan bagian tersulit untuk diterapkan pada perangkat mobile, pasalnya data tentang situs "jahat" penyebar phising dan malware harus terus diperbarui agar dapat memberikan informasi melalui peringatan kepada pada pengguna internet, dimana tindakan jahat tersebut diketahui semakin banyak tersebar mengancam pengguna Chrome versi mobile. Nah, data yang sangat besar jumlahnya ditambah dengan terbatasnya daya baterai serta konsumsi koneksi tersebutlah yang menjadi tantangan terbesar tim ahli Google Chrome.

Fitur Safe Browsing ini disebutkan pula hanya di update pada pengguna Chrome versi Android pada wilayah tertentu saja, karena beberapa serangan social engineering atau dalam istilah di Indonesia disebut "soceng", yang memanfaatkan phising sebagai sarana jebakan hanya terjadi di negara tertentu.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur Safe Browsing pada Android tersebut? Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan update aplikasi browser Chrome, setelah itu masuk ke bagian setting (pengaturan) dan temukan pilihan Safe Browsing, selanjutnya tambahkan tanda centang pada pilihan tersebut.
Tingkatkan Keamanan Chrome Di Android, Google Update Fitur Safe Browsing
Tampilan Pilihan Pengaturan Safe Browsing
Nah, sangat mudah bukan? Disarankan kepada Anda pengguna perangkat mobile Android yang selalu beraktifitas menggunakan browser Chrome, agar selalu melakukan update, karena pada umumnya pembaruan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta keamanan browser Chrome.

Demikian informasi tentang update terbaru dari Google, yang menambahkan fitur Safe Browsing sebagai sarana mengamankan jebakan phising dan malware oleh penjahat dunia maya. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna untuk menambah pengetahuan, serta meningkatkan kesadaran pembaca sekalian, akan pentingnya keamanan aktivitas Anda dalam menggunakan internet.
Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top