Inilah Fakta Di Balik Kuis Di Facebook - Apakah Anda pernah mengikuti kuis unik, yang dibuat oleh sebuah perusahaan pihak ketiga di Facebook? Dari kuis tentang siapa penggemar rahasia Anda, sampai dengan kuis yang menggambarkan bagaimana teman-teman di akun Facebook Anda, membicarakan segala kelebihan yang Anda miliki. Bila ya, pernahkah terpikir oleh Anda bahwa ternyata dengan mengikuti kuis tersebut, sama saja dengan memberikan data tentang Anda secara gratis kepada perusahaan pembuat kuis tersebut.
Inilah Fakta Di Balik Kuis Di Facebook
Fakta Di Balik Kuis Di Facebook
Berbicara tentang maraknya kuis di halaman Facebook, yang dibuat oleh beberapa perusahaan pihak ketiga, boleh jadi tujuannya adalah hanya untuk sekedar hiburan semata, namun dalam dunia keamanan informasi, hal ini dapat menjadi suatu ancaman karena tak ada jaminan bahwa data-data yang terkumpul melalui keikutsertaan seseorang dalam program kuis tersebut tidak tersebar atau pun dimanfaatkan untuk hal lainnya.

Faktanya, berdasarkan informasi yang dikutip dari Forbes, dijelaskan sebuah gambaran mengejutkan bahwa ternyata pihak pembuat kuis, dapat mengumpulkan lebih dari 16 juta data pengguna Facebook, dimana data tersebut meliputi:

» Seluruh informasi non-identifying Anda
» Semua data tentang apa yang pernah Anda posting ke dinding Facebook
» Daftar pertemanan Anda
» Semua foto yang di tag pada Anda
» Data IP Adress

Lantas, apa keuntungan dari data-data tersebut? Jawabannya, informasi tersebut dapat menjadi sebuah komoditi yang dapat dijual oleh pihak pembuat kuis, kepada perusahaan yang membutuhkan informasi terkait data pengguna Facebook, tanpa harus bersusah payah untuk meminta ijin Anda sebelumnya, untuk keperluan apapun yang mereka inginkan. Lantas, pernahkah Anda membayangkan bila informasi tersebut jatuh ke tangan scammer?

Menyikapi fenomena kuis dari pihak ketiga di Facebook, maka ada baiknya bagi Anda para pengguna Facebook, untuk lebih memperhatikan lebih seksama perjanjian yang Anda buat sebelum menjalani kuis tersebut, karena boleh jadi dibalik kebijakan yang Anda setujui, terdapat celah bagi pembuat kuis untuk memanfaatkan data yang dibagikan untuk dijual kepada pihak lainnya, selain itu dengan membagikan data tentang Anda, secara tidak langsung potensi mengalami peretasan terhadap akun Facebook Anda semakin bertambah.
Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top