Waspada Adware, Jangan Pernah Download Aplikasi Android Dari Tiga Tempat Ini - Membahas tentang aplikasi berbasis Android, maka akan terdapat berbagai macam sumber untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut. Namun, salah satu masalah yang kini menjadi ancaman serius bagi pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, adalah infeksi adware.
Waspada Adware, Jangan Pernah Download Aplikasi Android Dari Tiga Tempat Ini
Waspada Adware!
Sebelum membahas lebih jauh tentang sumber lokasi yang berisiko menginfeksikan adware pada gadget Android, maka ada baiknya kita ketahui dulu apa arti adware itu sendiri. Secara umum, Adware diartikan sebagai perangkat lunak yang dapat terpasang secara otomatis tanpa sepengetahuan pemilik komputer ataupun gadget, dan akhirnya menampilkan berbagai macam iklan apabila si pemilik gadget atau komputer terhubung dengan internet.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari arstechnica.com, para peneliti keamanan berhasil menemukan kampanye baru adware berbahaya yang menargetkan pengguna Android di lebih dari 20 negara. Nah, berdasarkan masalah tersebut, maka akan sangat penting artinya untuk mengantisipasi infeksi adware pada gadget berbasis Android milik Anda, dengan tidak mengunduh (download) aplikasi-aplikasi palsu yang sengaja dibuat untuk menginfeksikan adware. Dari informasi yang dikumpulkan pada berbagai sumber, maka redaksi Net-Guard akan mencoba berbagi informasi tentang tiga sumber lokasi (tempat) yang sebaiknya dihindari, apabila Anda ingin mengunduh (download) aplikasi untuk gadget Android Anda. Berikut informasi selengkapnya:

1. Toko Aplikasi (App Store) Pihak Ketiga
Banyak toko aplikasi pihak ketiga yang terhubung pada sistem app store bawaan android, namun ternyata mengancam keamanan sistem android Anda karena banyak toko aplikasi pihak ketiga yang sengaja menyisipkan adware. Disarankan bagi Anda pengguna android untuk melakukan pengunduhan (download) serta pemasangan aplikasi dari playstore resmi Google demi menghindari terjadinya infeksi adware.

2. Tautan Pengunduhan dari Situs Mencurigakan
Apabila Anda menjumpai sebuah situs yang menawarkan sebuah tautan (link) untuk mengunduh aplikasi android tertentu, sebaiknya abaikan permintaan untuk mengunduh tersebut. Hal ini disebabkan karena berdasarkan hasil laporan para peneliti, hampir sebagian besar malware ataupun adware berasal dari tautan beberapa situs yang mencurigakan.

3. Iklan dalam Aplikasi
Seringkali kita menjumpai iklan dalam sebuah aplikasi, dimana iklan tersebut memberikan sebuah tautan (link) yang menyarankan untuk mengunduh atau memasang aplikasi tertentu lainnya. Bila Anda menjumpai hal ini, disarankan untuk tidak melakukan pengunduhan atau pemasangan aplikasi berdasarkan tautan iklan tersebut. Karena dicurigai terdapat beberapa iklan dalam aplikasi yang terinfeksi oleh adware

Demikianlah informasi tentang tiga sumber lokasi (tempat) yang sebaiknya dihindari, apabila Anda ingin mengunduh (download) aplikasi Android. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi para pembaca Net-Guard sekalian.
Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top