'RollJam' Alat Pengendali Menakutkan, Mampu Buka Hampir Semua Pintu Mobil - Hanya berbekal dengan beberapa perangkat yang di beli dari eBay, dengan harga sekitar 30 dolar Amerika, atau setara dengan 442 ribu rupiah, salah seorang peneliti keamanan independen, Samy Kamkar berhasil membuat sebuah alat pengendali jarak jauh menakutkan, yang dapat membuka hampir semua jenis kunci pintu mobil.
'RollJam' Alat Pengendali Menakutkan, Mampu Buka Hampir Semua Pintu Mobil
RollJam 
(sumber gambar: forbes.com)
Dikutip dari hasil wawancara forbes.com, terhadap pencipta RollJam tersebut pada acara konferensi para ahli keamanan teknologi DefCon jumat lalu, terungkap bahwa alat yang besarnya tak melebihi semua ponsel ini, juga mampu untuk membuka kunci alarm serta kunci pintu garasi elektronik. Diperkirakan terdapat jutaan mobil yang tersebar di dunia yang terancam dengan keberadaan RollJam ini, pasalnya dari hasil uji coba yang dilakukannya, Samy dapat membuka beberapa kunci pintu dari merk mobil Toyota, Cadilac, Ford, Lotus, Volkswagen dan beberapa sistem alarm (Viper dan Genie).

Kehadiran RollJam sebenarnya bukan temuan pertama, yang berhasil memecahkan kode dalam kunci elektronik pada pintu mobil dengan menggunakan metode jamming, interception dan memutar kodenya kembali, akan tetapi kelebihan dari RollJam dapat melakukan semua tanpa perlu menggunakan tambahan perangkat bantuan, seperti laptop ataupun komputer.

Menyikapi temuan ini, beberapa perusahaan mobil menyatakan telah menyadari celah keamanan yang dapat dieksploitasi oleh RollJam, dan disebutkan pula telah memperbaiki sistem keamanan pada mobil keluaran mereka, dimana salah satu merek mobil yang tak mempan dengan serangan RollJam adalah Cadilac keluaran terbaru. Selanjutnya, menutup pernyataan tentang alat ciptaannya ini, Samy Kamkar mengungkapkan bahwa mobil miliknya hingga saat ini masih rentan terhadap serangan RollJam.
Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top