Informasi terkini tentang fitur canggih yang akan disematkan pada sistem operasi Windows 10, adalah penggunaan otentikasi biometrik berupa identifikasi wajah, sidik jari serta iris mata untuk menggantikan teknologi pengamanan dengan password.  Fitur yang diberi nama "Windows Hello" ini, nantinya akan memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses komputer berbasis sistem operasi Windows 10 dengan hanya menunjukkan wajah kita, atau sekedar menyentuhnya dengan jari.
Windows Hello, Fitur Keamanan Canggih Pengganti Password
Windows Hello
(sumber gambar: blogs.windows.com)
Mengantisipasi maraknya pencurian password, teknologi keamanan dengan otentikasi biometrik ini, dipastikan akan lebih aman dan mudah digunakan dibanding bila mengetikkan kata kunci, dengan tingkat kerentanan lebih mudah untuk dibobol.

Bersamaan dengan hadirnya "Windows Hello" turut dikenalkan API "Passport" yang nantinya akan membantu pengembang pihak ketiga untuk dapat menggunakan teknologi keamanan biometri login misalnya untuk aplikasi, jaringan ataupun pada laman sebuah website.

Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam penggunaan Windows Hello nantinya membutuhkan dukungan perangkat keras (hardware) khusus, seperti kamera RealSense 3D dari Intel dan sensor infra merah yang saat ini belum banyak dijumpai pada desktop maupun laptop yang beredar di Indonesia. 

Berita gembira dari hadirnya Windows Hello ini, nantinya juga akan tersedia secara gratis untuk pengguna komputer dengan sistem operasi di bawah Windows 10, khususnya pada Windows 8.1, Windows 8 serta Windows 7.

Bagaimana selengkapnya review dari fitur Windows Hello ini dapat langsung diketahui dengan mengunjungi blog resmi Microsoft dengan mengakses halaman ini.

(sumber: blogs.windows.com)
Advertisement

Post a Comment

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top