Apa yang terbayang dalam benak Anda bila menyebutkan kata hacker? Boleh jadi sebagian besar pendapat akan mengartikan hacker dengan konotasi negatif, hal ini disebabkan karena kesalahpahaman dan ketidaktahuan masyarakat awam tentang arti hacker serta jenis-jenis hacker berdasarkan karakternya.
Hacker Baik Atau Jahat?
Baik Atau Jahat?
(sumber gambar : debate.org)
Arti kata hacker sendiri berdasarkan situs penyedia informasi id.wikipedia.org adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan. Hal yang perlu diperhatikan hacker tak selamanya bersifat jahat, terdapat pula peretas yang bertujuan positif yang melakukan peretasan untuk memperbaiki suatu sistem dan jaringan komputer agar dapat beroperasi lebih baik dan aman, oleh sebab itu hacker digolongkan dalam jenis tertentu sesuai dengan sifat serta tujuannya, baik atau jahat.

Jenis-jenis Hacker

Secara garis besar hacker digolongkan dalam dua jenis berdasarkan sifat serta tujuannya , yaitu White Hat dan Black Hat. Namun dalam perkembangannya kini terdapat pula jenis Gray Hat hacker. Apa saja pengertian dari jenis hacker tersebut? Ikuti selengkapnya di bawah ini.

• White Hat : Merupakan peretas yang memiliki etika untuk menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara biasanya melakukan peretasan bertujuan untuk mencari celah keamanan yang dimiliki pada suatu sistem atau jaringan komputer dan akan menginformasikannya kepada si pemilik komputer.

• Black Hat :  Adalah sebutan hacker yang melakukan peretasan atas dasar kejahatan. Biasanya jenis hacker inilah yang dalam aksinya demi tujuan mengambil keuntungan pribadi serta merusak suatu sistem maupun jaringan komputer.

• Grey Hat Hacker : adalah jenis peretas yang bergerak diwilayah abu-abu, kadang-kadang menjadi black hat hacker namun bisa juga menjadi white hat hacker.

Nah, demikianlah informasi tentang jenis-jenis hacker berdasarkan karakternya, semoga dengan informasi singkat tersebut, dapat meluruskan pandangan kita tentang hacker serta menambah pengetahuan pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment

  1. serem gan jahat yg black hat....

    ReplyDelete
  2. Salut buat hacker, otaknya jenius abiz..btw mantap infonya expe..
    Salam satriyoku

    ReplyDelete

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top