Pernahkah Anda mendengar kasus dimana foto pribadi seseorang beredar di Internet? Padahal si pemilik foto (gambar) merasa tak pernah sekalipun membuat dan menyebarkan gambar tersebut. Mungkin Anda tak percaya bila kenyataannya foto yang tak pernah "dibuat" itu, adalah hasil dari kejahatan di dunia maya dengan memanfaatkan webcam sebagai alat untuk memata-matai seseorang.
Bahaya Di Balik Webcam, Benarkah?
Sumber Gambar: redorbit.com
Tak banyak orang menyadari bahaya mengintai di balik webcam pada laptop ataupun komputer, yang sedianya diperuntukkan sebagai sarana komunikasi (video chat). Menurut salah seorang pakar keamanan informasi, Jim Stickley dari perusahaan TraceSecurity menyebutkan bahwa hanya dalam waktu tiga menit seorang predator cam dapat masuk ke sistem pada laptop seseorang untuk menyalakan webcam untuk merekam atau mengambil gambar. Informasi lainnya yang terungkap tentang bahaya dari balik webcam adalah pada tahun 2013, dimana Agen Amerika Edward Snowden membeberkan dokumen rahasia NSA (National Security Agency) yang salah satunya menjelaskan kemampuan NSA dalam membuat program backdoor untuk mendapatkan akses ke kamera iPhone dan BlackBerry.

Memahami bahaya yang telah diungkapkan di atas, berikut beberapa cara sederhana agar terhindar dari serangan webcam predators.
  • Pastikan Menginstal dan Selalu Memperbarui Antivirus - Umumnya serangan yang menargetkan webcam, memanfaatkan trojan sebagai sarana untuk membobol akses pada sistem komputer ataupun gadget, dengan menggunakan antivirus yang selalu ter-update maka kemungkinan dibobolnya webcam dapat semakin diminimalkan.
  • Lepaskan USB Penghubung Webcam - Cara ini khusus untuk pengguna webcam eksternal.
  • Menonaktifkan (Disable) Webcam Hardware Melalui Device Manager - Salah satu cara sederhana untuk menghindari serangan hacker untuk membobol webcam adalah dengan men-disable perangkat webcam melalui fitur Device Manager pada komputer dengan sistem operasi Windows
  • Menutup Lensa Webcam - Cara paling ampuh untuk menangkal serangan pada webcam adalah dengan menutup lensa webcam, khususnya bagi pengguna laptop pada saat sedang terkoneksi internet ataupun intranet.
Demikian informasi tentang bahaya di balik webcam, semoga dengan informasi singkat ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan di dunia maya.

Advertisement

Post a Comment

  1. Ternyata, bahaya mengancam dimana-mana.... Thanks infonya Gan...

    ReplyDelete
  2. Ternyata itu bahayanya, terima kasih mas informasinya.

    ReplyDelete

Komentar Dengan Bijaksana, Dan Tidak Mencantumkan Hal-Hal Yang Berbau SARA

Harap Tidak Mencantumkan Link Aktif

 
Top